Image adalah representasi grafis dan visual dari
beberapa informasi yang dapat ditampilkan pada layar komputer atau dicetak.
Bentuk – bentuk image
Image terbagi dalam beberapa bentuk , seperti :
- Fotografi
- Gambar
- Lukisan
- Televisi
- Gambar gerak
- Peta, dan
lain - lain.
Perananan Image
Image berperan penting dalam dunia multimedia,
diantaranya :
- Navigasi
- Komponen
antarmuka pengguna
- Bantuan
Sistem
- Clip art
Raster/Bitmap Image
a. Raster Image
Raster Image adalah gambar yang terbentuk dari
titik – titik warna yang memiliki kedalaman warna dan kerapatan tertentu antara
satu titik dengan titik lainnya. Titik – titik warna tersebut biasa disebut
dengan Pixel. Pixel adalah elemen terkecil dari
resolusi di layar komputer (Screen Resolution).
Macam – macam raster image :
1. Microsoft bitmap (.bmp)
Digunakan di
Microsoft windows
2. TIFF – Tagged Image File Format (.tif)
Digunakan untuk
faxing images (lebih banyak digunakan untuk yang lain)
3. JPEG – Joint Photographic Expert Group (.jpg)
Berguna untuk
menyimpan gambar foto
4. GIF – Graphics Interchange Format (.gif)
Banyak digunakan
pada situs web
5. PNG – Portable Network Graphics (.png)
Format baru untuk
web grafis
6. PCD – Kodak Photo CD
Format baru untuk menyimpan gambar dalam dikompresi
dari pada CD
Kelebihan dan kekurangan raster image :
Kelebihan:
- Menyampaikan
detail informasi dengan cepat
- Kehidupan
nyata
Kekurangan
- Tergantung
pada resolusi
- Berpengaruh
terhadap kualitas sebuah gambar
- Ukuran file
tersebut menjadi besar
Software yang mendukung raster
image
1. Adobe Photoshop
2. Adobe Fireworks
3. Corel Paint shop pro
4. microsoft paint
5. microsoft photodraw
6. Open canvas
b. Bitmap Image
Gambar bitmap adalah rekonstruksi dari gambar asli
dan disimpan sebagai rangkaian pixel (titik - titik) yang memenuhi bidang
monitor. Resolusi dan kualitasnya bergantung pada gambar asli.
Vektor/Metafile Image
Gambar jenis vektor tidak disimpan sebagai gambar
berbasis pixel, tetapi sebagai rangkaian instruksi algortima kurva, garis (arah
dan ukurannya) serta warna dan berbagai bangun lainnya.Vektor gambar menyimpan set grafik primitif yang diperlukan untuk
mewakili gambar.
Sebuah primitif grafis adalah grafis
sederhana berdasarkan gambar elemen atau objek seperti bentuk persegi, garis,
elips, busur, dll. Gambar terdiri dari satu set perintah (persamaan matematika)
yang ditarik objek bila diperlukan.
Bentuk Primitive geometric drawing
:
1. Basic : Line, Polyline, arc,
Bezier curve
2. Text : font, weight
3. Shapes : Circle, ellipse,
rectangle, square, pie segment, triangle, pentagon dll
Macam-macam format vektor image:
1. Windows Metafile (.wmf)
2. SVG – Scalable Vector Graphics (.svg)
3. CGM – Computer Graphics Metafile (.cgm)
4. Adobe Postscript (.ps)
5. Adobe Portable Document Format (.pdf)
6. Drawing Exchange Format (.dfx)
7. Encapsulated Postscript (.enf)
Kelebihan dan kekurangan vektor image
Kelebihan
- Tidak
memerlukan banyak memori untuk menyimpan
- Lebih mudah
untuk memanipulasi
Kekurangan
- Tingkat keterbatasan detail terlihat pada gambar
Software yang mendukung vektor image
1. Adobe Flash
2. Adobe Illustrator
3. Adobe Freehand
4. Microsoft Silverlight
Perbedaan Tipe Compression Image
a. Lossless compression
Adalah salah satu dari tipe compression image
dengan cara memodifikasi data yang terorganisir atau diwakili untuk mengurangi ukuran
penyimpanan.
b. Lossy compression
Cobalah untuk memaksimalkan kompresi tanpa
kehilangan jelas bagi pengguna manusia. Hapus
detail selama kompresi. Kompresi diulang menyebabkan kerugian dalam
kualitas.
c. Warna
Warna adalah komponen penting
multimedia. Manajemen warna baik subjektif dan teknis dilihat dari beberapa
tahap.
Memilih warna yang tepat dan kombinasi warna untuk proyek dapat melibatkan
percobaan sampai Anda merasa hasil yang tepat.
d. Memahami alam dan warna cahaya
Cahaya berasal dari sebuah atom ketika sebuah
elektron berpindah dari yang lebih tinggi ke tingkat energi yang lebih rendah,
sehingga setiap atom menghasilkan warna unik yang spesifik.
e. Graphics
Graphics adalah salah satu perangkat yang digunakan
untuk membuat gambar dan mendesain aplikasi multimedia.
f.
Model 3 – Dimensional
Graphics
Sebuah variasi dalam format vector yang berguna
sebagai spesifikasi dalam koordinat x, y,dan z. Model 3D graphics ini dapat
ditemukan dalam bentuk kubus, balok, pyramid, dll.
g. Image Hardware
v Hardware untuk menangkap/memindahkan image
o
Scanner
Adalah alat atau perangkat keras yang digunakan
untuk memindahkan image atau gambar dari hardware lain sehingga dapat dilihat atau
disimpan dalam komputer. Kegunaan scanner adalah untuk cek resolusi optimal
dari gambar.
Bentuk scanner :
–
Drums
–
Flat-bed
–
Negative/slide
–
Hand held
o
Kamera digital
Menggunakan memori digital yang tersimpan di dalam
kamera yang dicetak dalam film dan gambar yang ditangkap ditransfer ke dalam
komputer melalui kabel. Salah satu jenis tipe kamera adalah Camcoder atau PC
webcam yang merupakan produk rumahan dengan resolusi rendah.
v Hardware untuk menggambar / mengedit image
o
Graphics / digitizer tablet pen
Ditujukan untuk menggambar oleh para digital artis
dengan sensitivitas yang tinggi (touch screen) dan dapat menggunakan mouse
untuk membantu menggambar dengan hasil yang bagus.
Bekerja dengan grafis harus mempertimbangkan
pedoman – pedoman sebagai berikut :
– Pilihlah grafis yang sesuai dengan pekerjaan Anda
– Pilihlah software yang sesuai
– Gunakan kedalaman warna minimum
h. Jenis dan kegunaan grafis secara efektif
Garis adalah representasi gambar grafis dari
benda-benda fisik.
Ada 3 macam gambar garis:
–
Isometric : merupakan objek
3-D tanpa perspektif realistis
–
Ortografik : adalah
representasi 2-D dari obyek
–
Perspektif : merupakan
objek dalam bentuk yang paling realistis
Grafik dan Tabel
Hanya dalam sekejap, grafik dapat menyediakan data
spesifik, menunjukkan kecenderungan umum data atau menggambarkan hubungan
antara data yang ada dan data yang baru.
Diagram
Membantu pengguna konsep proses, aliran atau
keterkaitan. Contoh diagram meliputi: diagram flow, skematis gambar dan diagram
blok.
i.
Kelebihan dan kekurangan
menggunakan Image
Kelebihan
–
Menyampaikan banyak
informasi secara cepat
–
Dapat menambahkan simulasi
visual dan warna
–
Dapat berkomunikasi lintas
batas bahasa
–
Meningkatkan media lainnya
Kekurangan
–
Tidak memberikan penjelasan
secara mendalam
–
Grafik jarang digunakan
untuk menyampaikan seluruh pesan dalam pengaturan bisnis, teknis atau
keselamatan
–
Dapat disalahartikan
–
Grafik harus digunakan
dengan hati-hati untuk memastikan agar pesan tidak ambigu atau cryptic
Tidak ada komentar:
Posting Komentar