Arsitektur Informasi :
·
Linear / Sequential : menceritakan
·
Hierarchial : Informasi Terorganisasi
·
Network/Web : exploring
· Isu
Struktural : Depth/Kedalaman, Breadth/Meluas
· Navigasi
·
Pertanyaan kunci : di mana saya, dari mana saja, ke mana
bisa pergi
·
Teknik Navigasi : Browsing, Searching, Site Maps, Indexes
·
Menyediakan
indikator - you are here (Cascading
menus, Thumbnail maps, Color coding)
·
Menyediakan fasilitas Search (sitemaps)
· Atribut
Usability
·
Kecocokan antara sistem dan dunia nyata
·
Kendali dan kebebasan (undo n redo)
·
Konsistensi dan standarisasi : quit atau exit
·
Pencegahan kesalahan
·
Fleksibilitas dan efisiensi penggunaan
·
Estetika dan perancangan minimalis
·
Bantu user menegnali dan memperbaiki kesalahan
· Isu
Desain Interface :
ü Hyperlinks, Ions, and Buttons
- Gunakan warna umum u/mengindikasikan status hyperlinks(sellected, rollover, clicked)
- Gunakan Icon yang standard, jgn yang baru
- Bgmn kalo button dipilih : higlight atau berubah bentuk
ü Penempatan : jangan gunakan centered text,
allignment harus seragam di seluruh halaman web.
ü Teks : tampilkan informasi kunci lebih dulu, sans
sherif lebih mudah dibaca, maksimal 2 typeface, perhatikan hierarki informasi,
gunakan bullet2
ü Warna : warna hangat dan cerah terlihat lebih
besar daripada warna dingin dan gelap. Jangan gunakan warna kuat dan warna
primer sebagai background.
ü Ukuran dan resolusi layar
· Poin2
perancangan Interface : tentukan area kendali dan area utama, gambar background
jgn ramai, pilih button yang tepat, perlihatkan kepentingan informasi secara
visual, KISS
· Metafora
: Aplikasi yang kompleks akan mudah dimengerti jika user interfacenya memakai
sesuatu yang sudah umum, juga membuat user mengingat aturan aplikasi sesedikit
mungkin.
· Isu-isu
Metafora :
·
digunakan u/ menggambarkan aplikasi, bukan button
·
bisa ada bbrp dlm 1 aplikasi tp tidak selalu harus ada
·
Gunakan metafora yang banyak dikenal
·
Metafora berbeda2 pada berbagai kebudayaan
Sumber : Binusmaya.binus.ac.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar