Selasa, 20 Mei 2014

Multimedia Design Principles



Arsitektur Informasi :
·         Linear / Sequential : menceritakan 
·         Hierarchial : Informasi Terorganisasi
·         Network/Web : exploring
        
·         Isu Struktural : Depth/Kedalaman, Breadth/Meluas

·         Navigasi
·         Pertanyaan kunci : di mana saya, dari mana saja, ke mana bisa pergi
·         Teknik Navigasi : Browsing, Searching, Site Maps, Indexes
·         Menyediakan indikator - you are here (Cascading menus, Thumbnail maps, Color coding)
·         Menyediakan fasilitas Search (sitemaps)

·         Atribut Usability
·         Kecocokan antara sistem dan dunia nyata
·         Kendali dan kebebasan (undo n redo)
·         Konsistensi dan standarisasi : quit atau exit
·         Pencegahan kesalahan
·         Fleksibilitas dan efisiensi penggunaan
·         Estetika dan perancangan minimalis
·         Bantu user menegnali dan memperbaiki kesalahan

·         Isu Desain Interface :
ü  Hyperlinks, Ions, and Buttons
  • Gunakan warna umum u/mengindikasikan status hyperlinks(sellected, rollover, clicked)
  • Gunakan Icon yang standard, jgn yang baru
  • Bgmn kalo button dipilih : higlight atau berubah bentuk
ü  Penempatan : jangan gunakan centered text, allignment harus seragam di seluruh halaman web.
ü  Teks : tampilkan informasi kunci lebih dulu, sans sherif lebih mudah dibaca, maksimal 2 typeface, perhatikan hierarki informasi, gunakan bullet2
ü  Warna : warna hangat dan cerah terlihat lebih besar daripada warna dingin dan gelap. Jangan gunakan warna kuat dan warna primer sebagai background.
ü  Ukuran dan resolusi layar

·         Poin2 perancangan Interface : tentukan area kendali dan area utama, gambar background jgn ramai, pilih button yang tepat, perlihatkan kepentingan informasi secara visual, KISS

·         Metafora : Aplikasi yang kompleks akan mudah dimengerti jika user interfacenya memakai sesuatu yang sudah umum, juga membuat user mengingat aturan aplikasi sesedikit mungkin.

·         Isu-isu Metafora :
·         digunakan u/ menggambarkan aplikasi, bukan button
·         bisa ada bbrp dlm 1 aplikasi tp tidak selalu harus ada
·         Gunakan metafora yang banyak dikenal
·         Metafora berbeda2 pada berbagai kebudayaan



Sumber : Binusmaya.binus.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar